26.4.08

Triple chocolate caramel cake

TCC


Siapa yang sangka kalau aku bakal suka dengan cake coklat?!! Pasalnya, aku nggak gitu fans dengan coklat. Bukan karena lemaknya, tapi emang nggak suka dengan rasanya. Mungkin hanya Nutella & susu coklat aja yang masih bisa diterima lidahku. Tapi...begitu aku coba TCC ini, aku langsung ketagihan. Mau dimakan hangat-hangat, enaaaakkk ... dimakan setelah dua hari juga tetep enak. Ternyata benar, resep cake dari Teh Uceu ini memang benar-benar muantaaap!

Ehem...aku masih tetap nggak mood buat moto makanan. Posting yang satu ini udah lamaaaa banget ngendon di draft-ku. Kayaknya aku bakal selesaikan semua draft-ku untuk diposting, sebelum aku pulkam bulan depan. Kamera akan aku istirahatkan dulu. Kasian shutter-nya kalau keseringan diklik :D. Dua bulan lalu, anak seorang teman berulang tahun. Dekorasi cake di bawah ini aku persembahkan untuk anaknya. Waktu itu baru pertama kali bikin TCC, jadi rasanya sama sekali belom aku coba. Setelah iseng-iseng bikin untuk keluarga, diriku jadi ketagihan :). Eniwei, dekorasi ini aku contoh dari dekoras cake ijo-nya Bunda Nadine. Makasih sama tips saringannya ya, Yul :)

MMF on TCC



Lihat resepnya...

Triple Choco Caramel Cake
Sumber: Teh Uceu

Bahan :
10 btr telur
150 gr gula
1 sdm emulsifier
140 gr tepung terigu
60 gr cocoa Powder
75 gr Dark Cooking Chocolate (DCC)
100 gr margarine cair

Cara Membuat:
1. Panaskan margarine sampai mencair, masukan DCC, aduk rata, dinginkan dan sisihkan.
2. Kocok telur dan gula hingga putih mengembang.
3. Tambahkan emulsifier.
4. Masukkan tepung terigu ke dalam adonan.
5. Tambahkan kedalam adonan campuran margarine dan DCC, aduk rata.
6. Masukkan adonan kedalam loyang yang telah dialasi kertas roti.
7. Oven dengan suhu + 170oC, hingga matang.
8. Keluarkan dari loyang, dinginkan.

Chocolate Ganache

Bahan :
500 ml fresh cream
500 gr DCC
75 gr butter

Cara Membuat:
1. Panaskan fresh cream dengan api kecil, matikan api.
2. Masukan dark chocolate (iris kasar), butter aduk rata.
3. Dinginkan dan siap untuk dipergunakan.

Caramel syrup

Bahan :
100 gr gula
50 ml air 1
100 ml air 2

Cara Membuat:
1. Panaskan gula dengan air 1 diatas api (masak sampai menjadi caramel).
2. Tambahkan air 2 kedalam campuran caramel tersebut, masak dan aduk sampai caramel mencair dan tercampur rata. Matikan api, dinginkan

Cara Penyajian:
1. Siapkan cake, belah menjadi 2 bagian.
2. Siram ke dua bagian cake tersebut dengan mempergunakan simple syrup.
3. Siram dengan menggunakan caramel syrup.
4. Olesi bagian tengah cake dengan menggunakan ganache dengan ketebalan kurang lebih 1 cm.
5. Tutup dengan setengah bagian lagi.
6. Hias bagian atas cake dengan mempergunakan ganache, buah dan chocolate modeling.

Posted by Sheila at 2:16 AM |  
Labels:

17 comments: