13.4.08

Sup Jagung

Sup Jagung



Aku ini bukan blogger yang baik. Udah jarang blogwalking, jarang pula ninggalin pesan di SB teman-teman. Jangankan blogwalking, blog sendiri aja kayak tidak pernah diurus. Jarang banget apdet-nya...huhuhu.

Walaupun jarang apdet, bukan berarti aku tidak pernah bikin resep yang disajikan teman-teman. Ada beberapa resep yang udah aku coba. Sebagian masih tersimpan di draft, sebagian lagi belum dibikin laporannya. Beberapa rekomendasi resep yang udah aku coba adalah Thai Beef Stir Fry-nya Dita, salah satu menu wajib kalau lagi ada persediaan brokoli. Resep Cup Brokoli Panggang-nya Mbak Judith juga patut dicoba. Kalau punya persediaan jamur, coba deh dimasak Tumis Jamur Daun Bawang-nya Andrie Anne. Rasanya enak loh. Beberapa hari yang lalu, aku sekeluarga makan Grill Eggplants-nya Pepy. Tidak cuma terong, jamur di-grilled pakai bumbu itupun juga enak.

Buat yang kangen sama jajanan khas Indonesia, Kue Lapis-nya Mbak Retno enak juga dimakan di sore hari. Aku sendiri memakai resep Kue Pepe hasil modifikasi dari Ayin. Sayangnya, suamiku tidak begitu suka dengan kue ini. "Terlalu kenyal," katanya. Padahal kue pepe itu favoritku loh. Jeng Ayin juga menyediakan Crepes yang kriuk-kriuk. Adonannya tipis, enak dimakan pakai pisang dan coklat. Kalau masih bingung bikin cemilan, Fried Chocolate Banana-nya Dwiana juga boleh ditengok. Selain bikinnya gampang, rasanya juga tidak mengecewakan.

Resep Sup Jagung kali ini aku ambil dari dapurnya Mbak Rina Rinso. Ini adalah salah satu resep yang udah lama ngendon di draft-ku. Waktu itu aku lagi pengen banget makan sup jagung yang seperti di KFC. Setelah googling, ketemu dengan resep ini.

Klik untuk resep & cara bikinnya



Sup Jagung


Sup Jagung
Sumber: Dapurnya Rina Rinso

Bahan :

  • 150 gr daging ayam tanpa tulang, potong kira-kira 1/2 x 1/2 cm

  • 5 buah jagung manis, 3 buah diparut atau diblender, 2 buah disisir (atau dipipil)

  • 1 sdm minyak wijen

  • 1 sdm kecap asin

  • garam dan merica sesuai selera

  • 2 sdm gula pasir

  • 1,5 L air/kaldu

  • 2 batang daun bawang, potong kurang lebih 0,5 cm

  • 1 sdm maizena, dilarutkan dengan air secukupnya

  • 2 telur, kocok lepas


  • Cara membuat :

    1. Campur potongan ayam dengan minyak wijen, diamkan selama kurang lebih 15 menit supaya bumbu meresap.

    2. Didihkan air/kaldu, masukkan jagung blender dan jagung yg sudah disisir (pipilan). Masak sampai jagung empuk. Kemudian masukkan daging ayam yg sudah direndam dalam minyak wijen, kecap asin, gula, garam dan merica, daun bawang.

    3. Masukkan tepung maizena yg sudah dilarutkan dengan air, aduk rata. Terakhir masukkan kocokan telur.

    Tips : Supaya telur tidak menggumpal dalam sup, caranya aduk sup saat telur yg sudah dikocok dituang ke dalam panci. Tuang kocokan telur sedikit demi sedikit atau kocokan telur dikucurkan sedikit demi sedikit.
    Posted by Sheila at 1:22 AM |  
    Labels:

    15 comments: