11.3.08

Pörkölt

Pörkölt

Pörkölt (deilaaa...susah banget namanya!) adalah makanan khas Hongaria. Kalo di Indonesia, istilah pörkölt ini sama dengan rendang. Bedanya dengan Indonesia, rendang ala Hongaria itu pakai pasta tomat dan paprika bubuk. Jadi nggak pakai cabe giling. Tapi jangan salah, paprika bubuknya Hongaria itu ada yang puueedeess loh! Bedanya lagi, bikinnya nggak pakai acara "giling-menggiling" atau "ulek-mengulek". Pokoknya praktis, tapi soal rasa nggak akan mengecewakan. Paling enak dimakan pakai pasta. Bisa aja sih pakai nasi, tapi aku sekeluarga udah terbiasa makan pörkölt pakai pasta. Kayaknya, kalo dimakan sama Focaccia Bread-nya Pepy pasti juga enak.

Resep Pörkölt ini aku kira-kira sendiri. Tadinya suamiku yang lebih sering bikin rendang ini. Tapi dia "menghibahkan" resepnya ke diriku (bilang aja males masak :D. Emang dasar cowok!!)

Bahan:
500 g daging sapi (khusus buat rendang, dipotong-potong kecil atau sedang).
2 bawang bombay (cincang kasar).
5 bawang putih (cincang kasar).
100 g pasta tomat.
1 sdt kaldu instant (optional).
1 sdt bubuk paprika (pedas, sedang atau manis, sesuaikan dengan selera.
Sejumput bubuk paprika yang pedas.
Garam, lada, bubuk jinten, Marjoram (banyaknya sesuai selera. Saranku sih, ngasih jinten & marjoram-nya jangan banyak-banyak. Takut rasanya aneh).
Beberapa tetes jeruk lemon<.
Minyak sayur.


Cara bikinnya klik di sini.



Photobucket


Cara:
  • Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum.

  • Masukkan daging. Beri garam dan tetesan jeruk lemon. Aduk rata.

  • Tutup panci, biarkan selama 45-60 menit. Sekali-kali ditengok & diaduk, ya. Takutnya gosong (pernah kejadian soalnya).

  • Setelah itu, tuang minyak sayur (kira-kira 1-2 sdm). Aduk-aduk selama 5-7 menit pakai api besar.

  • Kecilkan api. Aduk-aduk lagi kira-kira 10 menit.

  • Setelah itu, masukkan 500 ml air, jinten, dan kaldu bubuk. Aduk rata. Masak selama 40 menit sampai kuahnya berkurang setengahnya (jangan pakai tutup pancinya ya).

  • Siapkan 500 ml air lagi. Masukkan pasta tomat, bubuk paprika sedang/ manis, bubuk paprika pedas, marjoram, lada, bubuk jinten. Aduk rata, kemudian tuang air ini ke rebusan rendang.

  • Masak lagi selama 30 menit.

  • Masaknya emang butuh waktu lamaaaaaa. Tapi justru ini rahasianya!
    Happy Cooking!


    Posted by Sheila at 12:33 AM |  
    Labels:

    16 comments: