1.4.08

KBB#4 Chocolate Swirl Meringues

Ini adalah partisipasi pertamaku di Klub Berani Baking. Seneng juga bisa ikutan gabung sama para bakers Indonesia yang selalu siap nerima tantangan dalam hal perbakingan :). Banyak cobaan yang aku hadepin saat bikin tantangan ini. Sehari sebelum surat cinta diedarkan, kedua anakku sakit flu berat. Baru sempat bikin satu kali, cuaca mendung. Jadi nggak bisa foto-foto. Saat bikin yang kedua kali, anakku yang paling kecil harus dirawat di rumah sakit. Untung aja aku sempet bikin foto step-by-step si meringue ini. Gak kebayang deh harus ngebut gimana lagi supaya bisa selesai bikin pe-er dari KBB. Tapi, akhirnya selesai juga :) Yang jadi host KBB#4 ini adalah Susi dan Yohana.

Untuk penyajian meringue ini, aku cuma pakai thicked cream dan potongan cokelat KinderĂ¼berasschung. KinderĂ¼berassung itu semacam cokelat berbentuk telur yang di dalamnya ada mainan bongkar pasang untuk anak-anak. Karena anak-anakku hanya suka mainannya saja, jadilah aku punya banyak persediaan cokelatnya. Ya udah, daripada nggak ada yang makan, aku manfaatin aja buat penyajian si meringue ini.

Di bawah ini adalah foto step-by-step yang aku bikin. Catatan kecil dariku:
- Ngikutin Dita, aku cuma pakai 150g & 2 sdt tepung maizena.
- Suhu ovenku aku pasang 110°C (bukan 120°). Ovenku itu gampang panas. Meringue-nya aku panggang hampir 2 jam-an.

Bahan utama: putih telur. Pilih putih telur yang masih segar. Biarkan pada suhu ruangan.Bahan lainnya: gula kastor, tepung maizena & cokelat bubuk.Namanya juga Cokelat Meringue, jadi bubuk cokelatnya harus difokusin dong :DKocok putih telur sampai kaku.









Ayak cokelat bubuk di atas kocokan putih telur. Aduk maksimal 3 kali (jangan lebih!!).Bikin swirl meringue di atas baking paper. Bisa juga pakai piping bag.Yang punya fanbake, panaskan oven 150°. Begitu adonan meringue dimasukkan, langsung turunkan suhu ke 120° (aku pakai 110° karena ovenku gampang panas.Panggang selama kurang lebih 1 jam 15 menit.











Resep & cara bikinnya





Chocolate Swirl Meringues
Sumber: Taste. [Untuk 6 porsi (besar), 10 porsi (kecil)]

Bahan:
  • 4 putih telur
  • 225g gula kastor
  • 1 sdt tepung maizena
  • 1 sdm coklat bubuk
  • thickened cream untuk sajian

Cara membuat:

  1. Panaskan oven suhu 150°C fanbake (kalo ga punya fanbake pake 120C aja, setting bake). Campur putih telur dan gula di dalam mangkuk tahan panas yang diletakkan di atas panci berisi air panas. Jangan sampai pantat mangkuk menyentuh air karena putih telur akan bergumpal-gumpal. Aduk pakai sendok kayu hingga gula betul2 larut dan adonan terasa panas jika disentuh, lalu angkat dari kompor.
  2. Kocok adonan putih telur dan gula ini menggunakan mixer selama 10-15 menit sampai betul2 kental, putih dan mengkilap. Masukkan tepung maizena. Ayak coklat bubuk, lalu masukkan ke dalam adonan meringue menggunakan sendok metal dengan 2-3 kali aduk. Jangan aduk sampai rata.
  3. Sendokkan (diijinkan menggunakan piping bag-ab) ke atas loyang 6 buah. Buatlah setiap tumpukan setinggi mungkin (kecuali jika ingin membuat 10 buah meringue kecil-ab).
  4. Masukkan ke dalam oven, turunkan suhu seketika ke 120C (yang tadi menggunakan 150C fanbake, jika yang menggunakan setting bake 120C tidak perlu menurunkan suhu oven lagi) dan panggang selama 1 jam 15 menit (tergantung panasnya oven masing-masing ya-ab). Matikan oven dan tinggalkan meringe di dalamnya sampai betul-betul dingin. Sajikan dengan krim kental.

Posted by Sheila at 3:13 AM |  
Labels:

13 comments: