1.2.08

Kembang kol goreng



Paling bingung kalo ada persediaan kembang kol di kulkas. Masalahnya, si kembang kol itu cuman bisa aku masak capcay atau sop aja [nggak kreatip banget ya...hehehe]. Sebenernya sih aku males banget beli kembang kol (atau brokoli). Kalo masaknya terlalu matang, rasanya itu loh yg bikin eneg. Tapi, aku ingin ngebiasain anak-anakku makan sayuran ini. Biar kalo mereka gede nggak kayak emaknya yang nggak doyan sama kembang kol dan brokoli.

Nemu resep ini di Chefkoch, kiriman Sabine. Bikinnya gampang dan praktis. Kedua anakku doyan, tapi emaknya harus dipaksa dulu supaya ngabisin kembang kol goreng ini di piringnya ... hehehe.



Bahan:

  • Kembang kol (lepas kuntumnya) ---> banyaknya sesuai selera

  • 1 telur (kocok lepas sebentar) ---> banyaknya telur juga sesuai dengan banyaknya kembang kol

  • Garam, lada dan pala

  • Tepung panir

  • Mentega atau margarine


  • Cara:
    1. Rebus kumtum kembang kol 1/2 matang di air yang udah dikasih garam (rebusnya sesuai selera. Karena aku lebih suka yang agak kriuk, aku rebus cuma 1/4 matang). Angkat, tiriskan airnya.
    2. Kalau sudah agak dingin, taburi kembang kol dengan garam, lada dan pala secukupnya (atau sesuai selera).
    3. Celupkan kembang kol tadi dalam telur, lalu celupkan ke tepung panir.
    4. Panaskan mentega. Goreng kembang kol sampai kecoklatan (kalau aku, kembang kolnya aku goreng pakai minyak padat supaya matangnya rata).
    Posted by Sheila at 2:19 PM |  
    Labels:

    0 comments: