6.2.08

Bakwan jagung



Dapet resep ini dari Elsye. Rasanya cocok sama lidah aku sekeluarga. Sayangnya, bakwan jagung yang aku bikin itu bukan ala Indonesia, tapi ala Mexico...hua..hua..hua. Gini deh kalo orang terlalu pede. Waktu buka lemari, ternyata aku gak punya persediaan jagung pipil kalengan, adanya jagung campur ala Mexico. Selain jagung, di dalamnya ada potongan paprika dan kacang polongnya.

Tadinya ragu mau bikin. Udah kebayang kalo rasanya bakal aneh. Ada kacang polongnya bo'! Wiiii. Tapi karena saking ngebet banget makan gorengan (apalagi udah dibela-belain beli cabe rawit di toko Asia), ya udah deh, aku bikin aja. Eh, gak taunya rasanya enak banget!

Kalo mau nyoba, ini resepnya (aku copy-paste dari bakwan jagungnya di blog Elsye):

Bahan:
  • 3-4 jagung, sisir (aku pake jagung kalengan)
  • 1 buah wortel, kupas, parut kasar
  • 1 ikat daun bawang, cincang kasar

  • 1 kaleng kecil udang imut (tiny shrimp)
  • 1 cup tepung terigu all purpose
  • 2-3 sdm tepung beras
  • 1 butir telur
  • minyak untuk menggoreng


  • Bumbu Halus:
  • 2 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • garam secukupnya



  • Cara:
    1. Tumbuk jagung hingga keluar airnya
    2. Campurkan dengan bahan-bahan yang lain, aduk rata
    3. Boleh ditambah sedikit air jika dirasa terlalu kental adonannya
    4. Goreng dalam minyak panas
    5. Sajikan dengan cabe rawit atau sambel botolan

    Buat Elsye, makasih ya udah sharing resepnya.
    Posted by Sheila at 3:10 PM |  
    Labels:

    6 comments: