10.9.07

Toblerone tart



Buat penggemar coklat, tart ini enak loh. Sayang aja aku nggak gitu suka coklat. Tapi aku doyan sama pie-nya. Enak, ada rasa jeruknya. Kalo mau liat resep asli-nya (bahasa Inggris), bisa diklik di: Toblerone Tart. Si empu-nya blog punya foto-foto makanan keren. Aku banyak dapet inspirasi dari dia.

Catatan dari aku:
- Aku nggak pake kulit jeruk, tapi pake Orange Back dari Schwartau.
- Aku pake kacang merah mentah buat pemberat adonan pie-nya. Kalo udah selesai, kacang-nya dimasukin ke kantong plastik buat dipake lagi.
- Lain kali, aku bakal masukin 1 sdm madu. Buatku, 2 sdm rasa madunya terlalu „strong“.

Bahan:

Untuk adonan tart:
Parutan kulit jeruk (1 buah)
135g concentrated butter
100g gula
1 telur
50g mandel, cincang halus (atau beli yg gemahlen)
200g tepung
1/4 sdt backing powder

Untuk coklat mousse:
100g DCC yg mengandung 70% coklat – potong2 kasar
200g Toblerone – potong2 kasar
70g Butter
300g krim
2 telur
2 sdm madu

Cara:

1. Panasin oven 200° C (sebelum adonan tart dimasukin ke oven).
2. Kocok kulit jeruk, 125g butterschmalz, gula dan telur sampai creamy. Ayak tepung, backpulver & gemahlen mandel pada adonan. Uleni sampai tercampur rata. Bungkus adonan pakai plastic. Masukin kulkas 2 jam.
3. Olesin sisa butterschmalz ke loyang tart (loyang pie). Ratakan adonan tart pada Loyang lalu alasi dengan kertas roti di atasnya. Letakkan kacang2an di atas kertas roti itu.
4. Panggang selama 15 menit. Keluarkan tart, angkat kacang2an beserta kertas rotinya, lalu panggang kembali selama 5 menit. Setelah selesai, dinginkan.
5. Untuk coklat mousse:
• tim DCC, toblerone & butter sampai leleh. Olesin dasar pie pakai campuran ini. Sisihkan sisa coklat.
• Kocok sahne sampai setengah kaku.
• Kocok telur & madu. Perlahan, masukin campuran coklat dan sahne ke dalamnya. Tuang seluruh adonan ini ke dalam pie. Masukin ke kulkas selama 2 jam.
Posted by Sheila at 11:36 AM |  
Labels:

0 comments: