19.8.07

Perkedel Daging




Kalau lagi kangen sama makanan Indonesia tertentu, aku terpaksa harus menyisihkan waktu. Udah gitu, aku juga harus rela repot! Tau sendiri deh, yang namanya masakan Indonesia itu bikinnya repot dan butuh waktu. Perkedel daging ini adalah salah satunya.

Emang keliatannya sih gampang dan mudah dibikin. Ralat, bikinnya emang gampang, tapi prosesnya itu loh yang butuh waktu agak lama. Bayangin aja, pertama kentangnya harus digoreng dulu, terus dihaluskan, lalu dicampur sama bahan-bahan lain. Dan terakhir, digoreng kembali. Ribet, kan?!

Tapi, aku pasti rela melakukan apa aja demi mengobati rasa kangen dengan makanan Indonesia (bahasanya...ampun deh!!). Terlebih kalau anak-anakku lahap makannya. Wah, pokoknya mau berlama-lama di dapur juga aku jabanin deh...hehehe.

Bahan:
300 g kentang, kupas
100 g daging sapi cincang (aku pakai 200 g)
1 butir kuning telur
1 sdm bawang merah goreng, haluskan
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
1/8 sdt pala bubuk
1/2 batang seledri, iris halus
1 butir putih telur, kocok sebentar

Cara:

  1. Goreng kentang sampai matang, lalu haluskan selagi masih panas. Dinginkan.
  2. Kalau sudah dingin, masukkan daging cincang, kuning telur, bawang merah goreng, merica, garam, pala dan seledri. Aduk rata.
  3. Bentuk bulatan. Gulingkan pada putih telur, lalu goreng dalam minyak panas.
Posted by Sheila at 11:50 PM |  
Labels:

0 comments: