22.7.07

Stok bumbu

Kalau lagi bikin stok bumbu masak, jadi inget jaman kerja di salah satu harian surat kabar. Biasanya, setiap jumat malam, aku dan beberapa teman "diwajibkan" menyetok berita untuk akhir pekan. Emang nggak ada hubungannya dengan masak-memasak. Tapi nggak tau kenapa memori jaman kerja langsung terbayang saat aku bikin stok bumbu.

Jujur aja, sebenernya aku males masak. Kadang suka iri dengan mereka yang tinggal di Indonesia karena dimanjakan dengan berbagai macam makanan yang menggiurkan.

Karena aku tau kalau aku males masak, makanya aku rajin bikin stok bumbu masak. Ada bumbu rendang, opor, bumbu rujak, dan yang "kudu wajib harus" adalah sambal terasi!! Biasanya aku bikin 3 sampai 5 porsi yang kemudian aku masukkan di toples gelas kecil-kecil. Toples-toples itu dipanaskan (beserta bumbunya), lalu ditutup rapat-rapat. Bumbu-bumbu itu mampu bertahan kira-kira 6 bulan - 1 tahun (tapi buatku, nggak sampai 6 bulan sudah harus nyetok lagi).
Posted by Sheila at 12:47 AM |  
Labels:

0 comments: