13.7.07

Spanish Vanilla Cake

Setelah beberapa kali nyoba, akhirnya aku berhasil juga "menaklukkan" cake yang satu ini. Pertama kali bikin, hasilnya bantat total. Saat itu aku belum begitu menguasai tehnik mengaduk tepung. Memang dibutuhkan beberapa kali eksperimen sampai akhirnya kita bisa tau letak kegagalan kita. Practice makes perfect, right?!

Cake yang satu ini rasanya nggak akan mengecewakan. Perpaduan marzipan dan esens vanili membuat cake ini punya rasa yang khas (ampun deh! gue udah kayak salesgirl aja...kekekek).

Bahan:
* 100 g marzipan
* 3 sdm air (aku pakai air hangat)
* 80 g mentega (butter, pilih yg unsalted)
* 6 butir telur
* 120 g gula castor (gula pasir halus)
* 1 sdt esens vanili
* {150 g tepung terigu + 1/2 sdt baking powder} campur & ayak
* 50 g cokelat, serut alus (karena aku males, aku beli coklat serut yg udah jadi)

Untuk penyelesaian:
* 250 g coklat putih, cairkan dgn cara ditim (aku pakai coklat biasa, bukan yg putih)
* Buttercream
* Kacang Pistasia, ditumbuk kasar

Cara:


  1. Kocok marzipan & air sampai lembut (kalo aku, sebelum dikocok, marzipannya aku penyet2 di air pake sendok), masukkan mentega, kocok sampai rata. Sisihkan.

  2. Kocok telor, gula & esens vanili sampai mengembang & gelembung2nya ilang.

  3. Masukkan terigu sedikit2 (masukinnya pakai ayakan) sambil diaduk hati2 pakai spatula. (Aduknya harus ati2. Tips-ku: ngaduknya harus satu arah. Spatulanya dimasukin dulu sampai ke dasar adonan, terus diaduk satu arah).

  4. Masukkan campuran mentega, aduk. Terakhir masukin coklat serut. Aduk rata. -----> aduknya satu arah sama kayak ngaduk tepung

  5. Siapkan loyang diameter 24 cm (aku pake yg 26 cm). Olesin loyang dgn margarin, dialas kertas roti, lalu olesin lagi dgn margarin. Tuang adonan di loyang. Panggang dlm oven suhu 160°C sampe mateng & kuning kecoklatan. Angkat, keluarin dari loyang. Dinginkan.

  6. Penyelesaian: oleskan seluruh cake dengan Buttercream, dinginkan di kulkas. Kemudian siram dengan coklat putih. Lalu taburkan kacang pistasia di tengah-tengah. (Untuk dekorasi bisa improvisasi sendiri).
Posted by Sheila at 12:17 PM |  
Labels:

2 comments: